Tuesday 3 November 2015

KEAGUNGAN AYAT KURSI




Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuhu
Hai teman-teman, perkenalkan saya Chantya Amalia dari kelas 9E. Di tahun terakhir saya berada di SMP Negeri 4 Sidoarjo ini, saya ingin berbagi ilmu mengenai "Keagungan Ayat Kursi" yang insya Allah bisa bermanfaat. Sebelum membahas tentang keagungan Ayat Kursi, yuk kita lihat bacaan Ayat Kursi ini:

(Al-Baqarah:255)
ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA'KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA'U 'INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA'LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN 'ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI'A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL 'ALIYYUL AZHIIM.

Nah sudah tahu kan bacaan Ayat Kursi itu seperti apa, sekarang mari kita bahas mengenai keagungan-keagungan Ayat Kursi berdasarkan hadist-hadist di bawah ini:

1. Membentengi diri dari gangguan setan
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari)
2. Salah satu sebab masuk ke dalam surga
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An-Nasa-i, dinilai shahih oleh Al-Albani)
3. Menjaga saat keluar rumah
"Barang siapa membaca ayat Al-Kursi sebelum keluar rumahnya, maka Allah SWT mengutuskan 70,000 Malaikat kepadanya – mereka semua memohon keampunan dan mendoakan baginya."
4. Pertolongan dalam kesempitan
"Barang siapa yang membaca Ayat Kursi ketika dalam kesempitan niscaya Allah SWT berkenan memberi pertolongan kepadanya."
5. Menghilangkan kemiskinan
Rasullullah s.a.w. bersabda bermaksud :
"Sesiapa pulang ke rumahnya serta membaca Ayat Kursi, Allah hilangkan segala kefakiran didepan matanya."
6. Dicintai Allah SWT
Rasullullah s.a.w. bersabda bermaksud :
"Orang yang selalu membaca Ayat Kursi dicintai dan dipelihara Allah sebagaimana DIA memelihara Nabi Muhammad."
7. Mati syahid
Rasullullah s.a.w. bersabda bermaksud :
"Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir sembahyang Allah azza wa jalla akan mengendalikan pengambilan rohnya dan ia adalah seperti orang yang berperang bersama nabi Allah sehingga mati syahid."
Wallahu a'lam bish shawab.
Nah itulah sebagian dari keagungan Ayat Kursi, mari kita amalkan dengan baik. Mohon maaf bila ada kesalahan. Terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel ini, dan semoga bisa bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuhu.

No comments:

Post a Comment