Sunday 16 November 2014

manfaat dan Kandungan buah mengkudu

        Mengkudu adalah buah dari Indonesia yang tinggal di daratan rendah. Buah ini memiliki banyak manfaat, mulai dari daun buah. Mengkudu juga dapat ditemukan di halaman depan rumah, dan pohon ini dapat ditanam di setiap jenis tanah dan bagaimana penanamanya mudah.
Banyak orang yang menfaatkannya sekarang. Bahkan banyak manfaat.

Manfaat buah Mengkudu:

1. Menormalkan tekanan darah
2. Menekan rasa sakit
3. Menormalkan gula darah
4. Menormalkan kolesterol
5. Bakteri Membunuh
6. alergi Mengontrol
7. Menekan pembentukan radikal bebas
8. Meningkatkan kekebalan tubuh
9. Pencegahan kanker
10. Meningkatkan gairah seksual

Hal ini juga bisa dibuat minuman bergizi. Jus noni juga memiliki manfaat bagi penderita diabetes. Dalam jus buah noni yang scopoletin yang memiliki fungsi untuk membunuh bakteri. Jus noni menghasilkan kadar asam empedu dalam darah lebih rendah. Karena asam empedu berkurang, maka kolesterol digunakan untuk mensintesis asam empedu baru, sehingga total kolesterol dalam darah berkurang. Dalam jus buah noni ditemukan sekitar 140 jenis zat yang berguna dan bermanfaat bagi tubuh.


Kandungan dari buah mengkudu juga banyak, contohnya

1. Zat nutrisi: secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

2. erpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.

3. Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.

4. Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal




       Seperti yang dikutip dari vemale.com, untuk mengkonsumsi mengkudu Anda harus memperhatikan dosis yang diberikan. Untuk usia di atas 16 tahun, Anda dapat mengkonsumsi jus mengkudu 2 kali sehari sebanyak 25 ml sekali minum. Sedangkan bagi Anda yang belum berusia 16 tahun, dosisnya sama, hanya saja ketika sudah melewati waktu pengkonsumsian satu bulan pertama, konsumsi jus ini hanya pada saat sebelum makan pagi.

Berikut ini cara mengkonsumsi mengkudu yang baik dan benar untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal:
Ambil 2 atau 3 buah mengkudu yang besar dan setengah matang dengan ciri-ciri warnanya kuning namun belum berbau.
Setelah itu kupas dan buang bijinya, potong-potong kemudian masukkan kedalam blender. Anda dapat mencampurnya dengan buah apel atau anggur untuk tambahan.
Setelah semua bahan benar benar cair dan menyatu, kemudian campurkan syrup untuk rasa, bisa juga menambahkan madu.
Terakhir, saring dan minum segera saat masih dalam keadaan segar.
Jangan mencampur jus tersebut dengan teh, kopi, ataupun minuman beralkohol karena dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan khasiat dari buah mengkudu.


Reaksi yang muncul dari mengkonsumsi jus mengkudu ini adalah tubuh akan terasa lebih segar, tidur menjadi lebih nyenyak, siklus sistem percernaan menjadi lancar, dan lebih bersemangat serta gairah kerja meningkat. Jadi tunggu apa lagi? Selamat mencoba jus mengkudu yang berkhasiat!


Terimah kasih, semoga bbisa bermanfaat. baca artikel lainnya yaa.

No comments:

Post a Comment