Wednesday 30 September 2015

PERTIDAKSAMAAN

Sifat-Sifat Pertidaksamaan
1.   tanda pertidaksamaan tidak berubah jika kedua ruas ditambah atau dikurangidengan bilangan yang sama
Jika a < b maka:
a + c < b + c
a – c < b – c
2.   tanda pertidaksamaan tidak berubah jika kedua ruas dikali atau dibagi denganbilangan positif yang sama
Jika a < b, dan c adalah bilangan positif, maka:
a.c < b.c
a/b < b/c
3.   tanda pertidaksamaan akan berubah jika kedua ruas pertidaksamaan dikali atau dibagi dengan bilangan negatif yang sama
Jika a < b, dan c adalah bilangan negatif, maka:
a.c > b.c
a/c > b/c
4.   tanda pertidaksamaan tidak berubah jika kedua ruas positif masing-masingdikuadratkan
Jika a < b; a dan b sama-sama positif, maka: a2 < b2


Pertidaksamaan Linear
→ Variabelnya berpangkat 1
Penyelesaian:
Suku-suku yang mengandung variabel dikumpulkan di ruas kiri, dan konstanta diletakkan di ruas kanan







Pertidaksamaan Kuadrat
→ Variabelnya berpangkat 2
Penyelesaian:

1.   Ruas kanan dibuat menjadi nol
2.   Faktorkan
3.   Tentukan harga nol, yaitu nilai variabel yang menyebabkan nilai faktor sama dengan nol
4.   Gambar garis bilangannya
Jika tanda pertidaksamaan ≥ atau ≤, maka harga nol ditandai dengan titik hitam •
Jika tanda pertidaksamaan > atau <, maka harga nol ditandai dengan titik putih °
5.   Tentukan tanda (+) atau (–) pada masing-masing interval di garis bilangan. Caranya adalah dengan memasukkan salah satu bilangan pada interval tersebut pada persamaan di ruas kiri.
Tanda pada garis bilangan berselang-seling, kecuali jika ada batas rangkap (harga nol yang muncul 2 kali atau sebanyak bilangan genap untuk pertidaksamaan tingkat tinggi), batas rangkap tidak merubah tanda
6.   Tentukan himpunan penyelesaian
→ jika tanda pertidaksamaan > 0 berarti daerah pada garis bilangan yang diarsir adalah yang bertanda (+)
→ jika tanda  pertidaksamaan < 0 berarti daerah pada garis bilangan yang diarsir adalah yang bertanda (–)
Contoh:
(2x – 1)
2 ≥ (5x – 3).(x – 1) – 7
4x
2 – 4x + 1 ≥ 5x2 – 5x – 3x + 3 – 7
4x
2 – 4x + 1 – 5x2 + 5x + 3x – 3 + 7 ≥ 0
–x
2 + 4x + 5 ≥ 0
–(x
2 – 4x – 5) ≥ 0
–(x – 5).(x + 1) ≥ 0
Harga nol: x – 5 = 0 atau x + 1 = 0
x = 5 atau x = –1
Garis bilangan:


·       menggunakan titik hitam karena tanda pertidaksamaan ≥
·       jika dimasukkan x = 0 hasilnya positif
·       karena 0 berada di antara –1 dan 5, maka daerah tersebut bernilai positif, di kiri dan kanannya bernilai negatif
·       karena tanda pertidaksamaan ≥ 0, maka yang diarsir adalah yang positif






Jadi penyelesaiannya: {x | –1 ≤ x ≤ 5}


Pertidaksamaan Tingkat Tinggi
→ Variabel berpangkat lebih dari 2
Penyelesaian sama dengan pertidaksamaan kuadrat
Contoh:
(2x + 1)
2.(x2 – 5x + 6) < 0
(2x + 1)
2.(x – 2).(x – 3) < 0
Harga nol: 2x + 1 = 0 atau x – 2 = 0 atau x – 3 = 0
x = –1/2 atau x = 2 atau x = 3
Garis bilangan:


·       menggunakan titik putih karena tanda pertidaksamaan <
·       jika dimasukkan x = 0 hasilnya positif
·       karena 0 berada di antara –1/2 dan 2, maka daerah tersebut bernilai positif
·       karena –1/2 adalah batas rangkap (–1/2 muncul sebanyak 2 kali sebagai harga nol, jadi –1/2 merupakan batas rangkap), maka di sebelah kiri –1/2 juga bernilai positif
·       selain daerah yang dibatasi oleh batas rangkap, tanda positif dan negatif berselang-seling
·       karena tanda pertidaksamaan ³ 0, maka yang diarsir adalah yang positif


Jadi penyelesaiannya: {x | 2 < x < 3}




Pertidaksamaan Pecahan
→ ada pembilang dan penyebut
Penyelesaian:

1.   Ruas kanan dijadikan nol
2.   Samakan penyebut di ruas kiri
3.   Faktorkan pembilang dan penyebut (jika bisa)
4.   Cari nilai-nilai variabel yang menyebabkan pembilang dan penyebutnya sama dengan nol (harga nol untuk pembilang dan penyebut)
5.   Gambar garis bilangan yang memuat semua nilai yang didapatkan pada langkah 4
Apapun tanda pertidaksamaannya, harga nol untuk penyebut selalu digambar dengan titik putih (penyebut suatu pecahan tidak boleh sama dengan 0 agar pecahan tersebut mempunyai nilai)
6.   Tentukan tanda (+) atau (–) pada masing-masing interval

contoh 


 














No comments:

Post a Comment